Jaga Kondusifitas, Polsek Waled Patroli DIalogis

    Jaga Kondusifitas, Polsek Waled Patroli DIalogis

    CIREBON - Patroli dialogis salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata dengan cara mendatangi,  menjelajahi,  mengamati,  mengawasi,  memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian.

     Kapolresta Cirebon KOMBES POL ARIF BUDIMAN Sik MH melalui Kapolsek Waled Polresta Cirebon Polda Jabar AKP KENTAR BUDI SEDIYONO SH mengatakan  kegiatan ini salah satu Strategi Patroli dengan dialogis
    Dalam KBBI dialogis diartikan terbuka dan komunikatif., Patroli dialogis diartikan sebagai kegiatan kepolisian yang mengembangkan pola komunikasi dua arah antara komunikator (petugas Patroli) dan komunikan (masyarakat) untuk saling tukar informasi dan respon dengan substansi pemeliharaan Kamtibmas.

        Sasaran kegiatan Patroli dialogis mentargetkan individu atau kelompok masyarakat yang rentan dengan gangguan Kamtibmas., Dalam kegiatan ini, petugas mengumpulkan informasi dari masyarakat melalui proses dialog dengan cara mencatat dan mendokumentasikan bentuk foto, rekaman audio atau rekaman video berbagai informasi yang dibutuhkan.

         Pada dasarnya yang harus diperhatikan dalam proses patroli dialogis dengan masyarakat adalah dengan 
    menunjukkan performance petugas Patroli sebagai Polisi yang santun dan peduli.
    Petugas Patroli jangan memonopoli pembicaraan, tapi berikan porsi lebih besar untuk mendengar,  Gunakan bahasa dan intonasi yang jelas., serta senyum sapa salam dalam gestur tubuh yang sopan ketika berbicara., dengan menyampaikan pesan Kamtibmas yang sesuai kondisi.

     Kapolsek Waled Akp. Kentar Budi Sediyono SH. mengedepankan Strategi Patroli Dengan Kemitraan dan Kerjasama, Adapun sasaran patroli ke tempat kumpul-kumpul anak remaja, warnet, warkop serta di pinggir di jalan tempat anak-anak komunitas berkumpul.
    "Memberikan himbauan agar tidak begadang sampai larut malam & kembali ke rumah masing-masing secepat mungkin, menghindari gesekan dari komunitas yang lain dan agar tidak sampai jadi sasaran geng motor ." Ucapnya.

    polrestacirebon
    Panji R

    Panji R

    Artikel Sebelumnya

    Berikan Rasa Aman, Polsek Ciwaringin Laksanakan...

    Artikel Berikutnya

    Kapolsek Klangenan Hadiri Rerakreditasi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kodim 1710/Mimika Gelar Donor Darah Dalam Rangka Peringatan HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024
    Satgas Medis Pam VVIP Jamin Kesehatan Peserta KTT World Water Forum Ke-10
    Police Goes To School di SMPN 1 Beber Terkait Kenakalan Remaja dan Larangan Menggunakan Knalpot Brong.

    Tags